Program Studi Kebidanan (S1) dan Profesi Bidan

 

PENGANTAR 

Program srudi S1 Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan (STIKKU) diselenggarakan atas izin operasional dari Kemenristekdiktik No SK Ixin Prodi Kebidanan dan Profesi Bidan : 1106/KPT/1/2018 tentang penyelenggaraan Program Studi Kebidanan, Program Sarjana dan Program Pendidikan Bidan. Program Profesi sesuai dengan Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Kebidanan dan Asosiasi Pendidikan Tinggi Kebidanan Indonesia (AIPKIND). Pendidikan Kebidanan (S1) dan Pendidikan Profesi Bidan ini untuk menjawab tantangan, kebutuhan dan peningkatan profesionalisme tenaga Kebidanan Indonesia.

VISI

Menjadi Penyelenggara Pendidikan Kebidanan yang Profesional, Inovatif dan Bermutu yang unggul dalam Kebidanan Komunitas pada tahun 2035.


FASILITAS PENUNJANG LABORATORIUM 

Laboratorium Kebidanan

Laboratorium Kebidanan yang dilengkapi dengan 13 (tiga belas) state Praktik Kebidanan yang terintegrasi dengan Laboratorium Terpadu/Lab Skill STIKKU. Sedangkan untuk Praktik Klinik dan Praktik Profesional Kebidanan diselenggarakan di Rumah Sakit Pendidikan dan Praktik Mandiri Bidan di wilayah Ciayumajakuning yang telah bekerjasama dengan STIKKU.

Laboratorium Biomedik dan Biomolekuler

Sebagai upaya meningkatkan kemampuan dasar Biomedik dan Biomolekuler Program Studi Kebidanan S1 dan Profesi Bidan dilengkapi Laboratorium Biomedik STIKKU dan bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Djati (UGJ) Cirebon untuk penggunaan Laboratorium Biomedik dan Biomolekuler.

Laboratorium Komputer

Laboratorium Komputer STIKKU dilengkapi sebanyak 60 unit PC dengan jaringan internet kecepatan 100 Mbps digunakan untuk CBT.


PROGRAM PENDIDIKAN

Tujuan

Menghasilkan Sarjana Kebidanan dan Profesi Kebidanan yang professional, inovatif dan bermutu yang memiliki keunggulan dalam keterampilan Kebidanan Komunitas dan Wawasan kesehatan perdesaan dengan pengembangan Desa Ramah Anak guna mendukung pencapaian Program Kesehatan di Indonesia.

Profil Lulusan

  • Care provider (Pemberi Asuhan Kebidanan Profesional)
  • Communicator
  • Decision Maker
  • Community Leader
  • Manager

Kurikulum

Program Pendidikan dilaksanakan 2 (dua) tahap yaitu Pendidikan Sarjana (S1) dan Pedidikan Profesi. Kurikulum mengacu pada standar Kurikulum KKNI. Jumlah beban SKS yang harus ditempuh pada jenjang S1 sebanyak144 sks dan jenjang Profesi sebanyak 38 SKS, dengan lama studi untuk jenjang S1 selama 8 semester dan jenjang profesi selama 3 semester.

Sistem Pembelajaran

Metode Pembelajaran dengan pendekatan Tuden Center Learning (SCL) dengan metode evaluate SOCA dan OSCE

Gelar Akademik

Gelar Akademik Pendidikan Sarjana : S.Keb. Gelar Akademik Pendidikan Sarjana : Bdn.